Review & Spoiler Yawning is Delicious - Kang Ji Young



Halo Sobat Buku,

Jujur ini pertama kalinya aku beli novel Korea. Dari beberapa review yang aku baca bilang bahwa buku ini agak sedikit ribet dan membingungkan. Tapi setelah aku baca, memang kenyataan jika buku ini sedikit membingungkan, kalo kata orang sunda mah 'pabalieut'. Aku udah baca hampir dua kali dan sampe sekarang aku masih bingung korelasi antara judul dan isi.

Jadi ada dua pemeran utama dalam buku ini yaitu Lee Kyeong dan Da Woon. Lee kyeong si jelek dan Da Woon si cantik. Takdir membawa mereka berdua bertukar raga saat tertidur, tapi ngga bener-bener bertugar raga sih, kaya contohnya saat Lee Kyeong tidur, dia akan bangun sebagai Da Woon tapi disini peran dia cuma jadi pengikut, sementara yang mengatur tubuh Da Woon tetap Da Woon sendiri tapi Lee Kyeong tahu apa aja yang dilakukan Da Woon. jadi kaya ada dua jiwa didalam satu raga, tapi yang mengendalikan tetep si pemilik raga sementara jiwa yang lain cuma tahu kronologisnya.

Dari sanalah Lee Kyeong mulai menyelidiki kenapa mereka bisa bertukar raga. Diawal cerita sudah terlihat menarik yang menceritakan Lee Kyeong tengah membersihkan apartement yang diduga penghuninya telah bunuh diri dimana penghuni tersebut ternyata adalah Da woon tapi belakangan diketahui jika itu bukan Da woon melainkan temennya Da woon yang dibunuh sama si Da Woon yang bernama Ga Eul. Pekerjaan Lee Kyeong ini adalah seorang petugas kebersihan khusus, biasanya dia ngebersihin tempat-tempat terjadinya pembunuhan gitu lah. Keluarganya miskin, dan ayahnya sakit. dia terpaksa menjadi petugas kebersihan khusus karena alasan hutang yang harus segera dilunasi.

Setelah membaca keseluruhan cerita, menurutku inti ceritanya keren tapi satu kekurangannya yaitu banyak cerita yang sebenernya ngga perlu dimasukin dan penjelasannya cukup membingungkan contohnya soal penyingkatan waktu, diawal dijelasin kalo penyingkatan waktu terjadi saat ada yang menelpon tapi di beberapa halaman selanjutnya penjelasan soal penyingkatan waktu jadi lebih melebar dari penjelasan yang pertama. kaya ngga konsisten gitu lo. jadi emang bikin bingung. 

Dan pertanyaan pentingnya adalah, apa korelasi antara judul dan isi? suer aku belum ngerti. Tadinya aku ngira judulnya Yawning is Delicious itu karena ada momen dimana Lee Kyeong dan Da Woon menguap setelah diberi obat sebelum mereka digiling. tapi kemudian Lee Kyeong mati dan jiwanya pindah ke Da Woon, tapi kan kejadian itu terjadi karena ada Yuna bukan cuma karena mereka nguap bersamaan. terus maksud judulnya ini apa, coba? haha.. teuing ah :v

Mungkin karena aku terbiasa membaca karya-karya Akiyoshi dengan plot twist nya dan penataan alur yang menarik jadi pas baca buku ini, agak gimana gitu. Cerita dan penataannya menurutku lebih mirip drama-drama Korea bertema thriller yang harusnya cuma bagus dinikmati secara visual dibandingkan sebuah bacaan, tapi lumayanlah sempet bikin merinding pas ngebayangin kejamnya si direktur Nam yang memproduksi tubuh orang mati jadi butiran kapsul dan dipasarkan dengan dalih obat herbal. GILA sih.. sadisnya dapet dan terkesan blak-blakan, apalagi kisah hidup Da woon yang sebenernya tragis tapi ngga keliatan karena dia kaya dan cantik. Overall keren tapi mungkin akunya sendiri yang harus menyesuaikan gaya penataan author yang baru masuk ke daftar list baca ku ini.

Bingung? sama aku juga bingung ngejelasinnya haha..

Share juga dikomen kalo kamu udah baca buku ini ya biar bisa diskusi bareng. 

See Ya

2 comments:

  1. Bermanfaat bgt review-nya, aku yg juga suka baca novel Korea apalagi yg tema misteri jadi tertarik baca ini, next min :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih :D boleh tau ngga novel misteri korea yang udah kamu baca?

      Delete

Review & Spoiler Giselle - Akiyoshi Rikako

Henloo!! Long time no see