Review & Spoiler Animal Farm - George Orwell



Halo sobat buku, 

Aku mau review buku Animal Farm dari penulis George Well. Seperti judulnya, buku ini menceritakan tentang para hewan disebuah peternakan yang mulai memikirkan perubahan bagi mereka sendiri. Para hewan ini ingin hidup bebas tanpa harus pasrah dengan nasib yang sudah lama mereka alami karena keberadaan manusia. Suatu hari akhirnya mereka memiliki keberanian untuk mengusir pemilik peternakan yang bernama Pak Jones beserta para pekerjanya. Hewan-hewan ternak ini mulai belajar dari buku-buku milik pak Jones yang ada dirumahnya, dimana yang memimpin adalah kaum babi. Mereka mulai belajar cara memimpin, bagaimana mengkoordinasi para hewan ternak, cara bercocok tanam dan lainnya. Tujuan besar mereka adalah mengkampanyekan kebebasan bagi para hewan ternak diberbagai penjuru negri. Dari sini terlihat jiga kaum babi memiliki kecerdasan lebih tinggi dibanding hewan ternak lainnya saat mempelajari sesuatu, karena itulah mereka menjadi pemimpin. 

Tapi perlahan namun pasti, tujuan mereka mulai bergeser bahkan berubah seutuhnya karena kepemimpinan si babi. Hidup mereka tak membaik, pakan mereka mulai berkurang dan mereka tetap bekerja keras diladang, sementara kaum babi mulai bertingkah seperti manusia. Mereka mulai tinggal di rumah pak Jones yang pada perjanjian awal tak ada yang boleh tinggal disana karena rumah itu akan dijadikan museum sebagai pengingat jika mereka telah berhasil melawan Pak Jones. selain itu banyak hal yang berubah dari kaum babi. 

Intinya, si kaum babi memanfaatkan hewan ternak lain untuk melakukan pekerjaan kasar karena mereka bodoh, kaum babi memanipulasi hewan ternak lain untuk mengikuti apa yang mereka inginkan tanpa mereka sadari. Pada akhirnya, tak ada perbedaan besar yang mereka rasakan antara kepemimpinan kaum babi dan manusia.

Kesan-kesanku tentang buku ini adalah WAW, ini bukan buku thriller tapi aku suka, seperti mendapat suatu pandangan baru tentang sebuah masyarakat, yang pada akhirnya akan ada yang selalu mementingkan diri mereka sendiri dibanding yang lain dan aku juga jadi mempertanyakan, apakah mementingkan diri sendiri adalah sifat dasar dari makhluk hidup? kalo secara logika, mungkin itu berlaku untuk hewan, tapi untuk manusia yang punya akal akankah mereka bisa menjadi sekejam itu jika memiliki kekuasaan atas manusia lain? Kalo melihat sejarah, jawabannya adalah IYA dan mungkin akan terus berulang, apalagi jika dikaitkan dengan islam, akan selalu ada setan yang menggoda dari mulai manusia lahir sampai mati. Tujuan mereka adalah menyesatkan kita semua. Jadi bisa ditarik kesimpulan, manusia manapun bisa menjadi sekejam setan karena setan terus menghasut, menjadikan yang baik tampak buruk dan menjadikan yang buruk tampak baik.

Oke, malah jadi kejauhan haha.. tapi, ini seriusan, keren banget. Masih sangat relevan dengan masyarakat zaman ini. Tadinya aku selalu memandang rendah karya tulis jaman dulu karena gak relevan tapi buku ini gak ada kesan begitu. Ini bisa menjadi buku sepanjang masa yang akan selalu relevan jika berkaitan tentang society.

Oke segitu aja spoilerannya, banyak yang gak aku tulis karena kalian harus baca sendiri biar seru. Komen ya kalo kalian udah baca biar bisa diskusi bareng tentang buku ini. See You :D

No comments:

Post a Comment

Review & Spoiler Giselle - Akiyoshi Rikako

Henloo!! Long time no see