Review & Spoiler The Dinner - Herman Koch



Halo sobat buku..

Kali ini aku akan ngebahas buku berlabel Internasional Best Seller karya Herman Koch berjudul The Dinner. Jujur aku ngga terlalu tau siapa itu Herman Koch, aku beli buku ini, lagi-lagi karena diskon dari salah satu toko buku online diakhir tahun 2018 hehe...

Buku ini bercerita tentang dua saudara laki-laki yang masing-masing sudah memiliki istri, mereka sepakat untuk melakukan makan malam di restoran yang terkenal. Makan malam ini bukanlah pertemuan biasa yang sering dilakukan oleh mereka, dikarenakan hubungan keduanya bisa dibilang tidak terlalu akur. Paul Lohman dan Serge Lohman, dua kakak beradik yang berbeda nasib, Serge adalah kandidat perdana mentri Belanda selanjutnya, ia seorang politisi yang wajahnya dikenal dimana-mana, sementara Paul hanya seorang pria biasa yang pernah mengajar sebagai guru sejarah disebuah sekolah namun dikeluarkan karena memiliki tabiat yang buruk dan diindikasi memiliki gangguan jiwa. Sudut pandang dibuku ini diceritakan dari mata Paul yang kentara sekali dengan rasa iri terhadap Serge dikarenakan kakaknya berhasil menjadi orang yang sukses.

Inti dari makan malam yang mereka hadiri adalah untuk membahas masalah yang dilakukan oleh kedua anak mereka, masalah serius yang membuat seorang pengemis mati terbakar. Sebuah skandal besar yang bisa menggoyahkan nasib Serge sebagai kandidat perdana mentri. Rick dan Michel adalah pelaku dari kejadian naas itu, dan Beau-anak angkat Serge merekam kejadian biadab itu lalu ia memanfaatkannya untuk memeras mereka. Serge berniat mundur dari pencalonannya dan memberi tahu publik tentang kejahatan anaknya, namun ia ditentang Babette-istrinya, Paul serta Claire-istri Paul. Dimalam yang sama, Rick dan Michel berniat melenyapkan Beau, namun manager restoran tempat keluarga Lohman makan malam, melihat siluet Paul dan Michel-anak lelaki Paul disebuah jembatan, hal itu bisa membuat alibi Michel gagal karena seharusnya ia berada dirumah. Untuk menutup mulut, Paul pun memberi sejumlah uang kepada manager tersebut. Sementara Claire menjalankan perannya membuat Serge mengurungkan niatnya membuka kasus itu kehadapan publik dengan cara mencelakai pria itu sampai babak belur terutama dibagian wajah.

Di bagian akhir, rencana keluarga Paul Lohman berhasil. Beau berhasil tersingkirkan, Manager restoran menutup mulut, dan Serge bungkam. Ending.

Kesan-kesanku setelah membaca buku ini adalah pas, tidak terlalu berlebihan ataupun kurang. Bacaan yang manusiawi, logis dan dekat dengan kehidupan sehari-hari kecuali sifat emosian Paul. Banyak hal yang dipikirkan Paul untuk menjelekan Serge dimata pembaca namun semakin jauh halaman berganti, kita sebagai pembaca mulai sadar jika Paul hanya merasa iri pada kakaknya. Ia tidak suka saat kakaknya mendominasi dan berbuat lebih baik dibanding Paul. Namun rasa iri Paul mulai berubah menyeramkan saat prilakunya diceritakan lebih mendetail, tapi ternyata anak dan istrinya sama seperti Paul, monster-monster berdarah dingin yang rela melakukan apapun demi menyandang keluarga bahagia. Cukup membuat terkejut dibagian akhir. Intinya, Paul, anak dan istrinya adalah psychopath.

Untuk tema thriller, buku ini menurutku masih jauh jika dibandingkan buku-buku Akiyoshi, tapi not bad lah. Aku suka sama perumpamaan-perumpamaan yang disuguhkan penulis dari sudut pandang Paul yang kadang malah membuat pengen ketawa.

Oke, segitu aja untuk review dan spoileranku kali ini, See you next time :)










No comments:

Post a Comment

Review & Spoiler Giselle - Akiyoshi Rikako

Henloo!! Long time no see