Review & Spoiler Kudeta Pasukan Yeniceri - Jason Goodwin



Halo sobat buku.. Akhirnya aku bisa membuat review & spoiler dari buku terakhir yang ku beli di bazaar murah berjudul Kudeta Pasukan Yeniceri dari penulis Jason Goodwin, cerita yang berlatar di Istanbul Turki. Kesan pertama ku baca buku ini adalah 'bingung'. Banyak istilah yang gak aku ngerti, mungkin itulah salah satu kelemahan membaca buku terjemahan ya? apalagi dari Turki, negara yang sama sekali gak pernah aku kepoin. Beda cerita jika bacaannya terjemahan dari Jepang atau Korea, yang bisa aku bayangin gimana latar dan budayanya meski hanya sedikit.

Oke langsung aja, jadi dibuku ini pemeran utamanya bernama Yashim, dia dalah mantan kasim di istana yang sudah pensiun. Dia berkulit putih, tinggi dan tampan, hidup sendirian. ia mendapat tugas dari istana untuk menyelidiki sebuah kasus kematian seorang harem yang harusnya tidur dengan Sultan namun ditemukan meninggal dikamarnya sebelum bermalam dengan Sultan. Yashim pun memulai misinya dan menyelidiki dari berbagai sumber. Dalam penyelidikannya, pembunuhan kembali terjadi dan terus menebar teror, mulai dari ditemukan seonggok mayat yang meringkuk disebuah kuali besar, lalu potongan mayat di selokan dekat masjid, dan sejumlah peristiwa kebakaran hingga Yashim sendiri yang hampir terpanggang di tempat pemandian umum. Dari semua petunjuk yang ia peroleh, ia mempercayai jika semua kejadian itu adalah ulah pasukan Yeniceri, pasukan yang dulu amat dibanggakan karena berhasil menang dimedan perang, namun memiliki perangai buruk di mata masyarakat karena suka membuat onar dan arogan, karena hal itu juga pasukan Yeniceri dibubarkan dan dimusnahkan setelah Sultan baru bertahta, namun meski begitu masih ada sebagian kecil pasukan Yeniceri yang selamat dan bertahan hidup sebagai masyarakat biasa dan bahkan berbaur tanpa diketahui identitasnya terdahulu.

Diakhir cerita, Yashim berhasil mengungkap siapa saja yang bersekongkol untuk mengkudeta Sultan Mahmut. Orang-orang tersebut adalah kepala kasim bernama kislar Agha dan juga seseorang yang lumayan dekat dengan Yashim yaitu sang Seraskier dari Rusia yang setuju membantu para Yeniceri demi membawa perubahan di Istanbul dan menghilangkan kebiasan-kebiasan lama yang dianggapnya menyusahkan. Mereka berdua mati dimalam perencanaan kudeta yang mereka rencanakan. Udah sih itu aja garis besarnya, wkwk, sebenernya agak lupa sama ceritanya karena udah lama juga nih buku ga selesei-selesei, kurang seru dan kurang paham sih sama latarnya, gak kebayang aja gitu. tapi ya menambah pengetahuan baru sih tentang Turki. Aku bahkan baru tau kalo seorang kasim itu harus dikebiri sebelum diizinkan bekerja di istana, terus ada istilah harem juga. Yang paling aku inget adalah reaksi seorang ustad yang didatengin Yashim, ustad itu sudah gelisah karena takut Yashim bertanya aneh-aneh seputar lelaki yang dikebiri, misalnya, apakah seorang Yashim boleh berhubungan melalui dubur haha.. padahal mah si Yashim cuma mau bertanya seputar kasus yang lagi ia selidiki. Tapi apa aku merekomendasikan buku ini? Ya~ bagi yang suka segala sesuatu tentang Turki, boleh lah dicoba, tapi kalo aku mending thriller Jepang aja dah, yang udah pasti seru hehe..

Oke segitu aja spoiler dan reviewan ku, tetap beli bukunya untuk mendukung sang author ya. See You ^_^



No comments:

Post a Comment

Review & Spoiler Giselle - Akiyoshi Rikako

Henloo!! Long time no see